Kamis, 20 Oktober 2011

Sistem Informasi Terpadu

PELAYANAN PELANGGAN (CUSTOMER SERVICE) :

Adalah suatu proses yang berlangsung diantara pembeli, penjual, dan pihak ketiga yang
menghasilkan nilai tambah untuk pertukaran produk atau jasa dalam jangka waktu pendek
(misal, transaksi tunggal) maupun dalam jangka waktu panjang (misal, hubungan berdasarkan
kontrak).
Menurut Bernard J. La Londe dan paul Zinszer, ada 3 elemen :
- Elemen Pratransaksi (Pretransaction Elements)
- Elemen Transaksi (Transaction Elements)
- Elemen Post-Transaksi (Posttransaction Elements)

Elemen Pratransaksi (Pretransaction Elements)
Bersifat non-rutin
- Berhubungan dengan kebijakan manajemen.
- Tidak langsung berhubungan dengan logistik, tetapi berhubungan dengan penjualan

Elemen-elemen spesifik dari pratransaksi Customer Service ini adalah :
Pernyataan tertulis tentang kebijakan Customer Service yang berdasarkan pada
kebutuhan pelanggan, ketetapan standar pelayanan, dsb.
Pelanggan menerima pernyataan kebijakan service, dimana pernyataan tersebut harus
memberikan informasi bagaimana berhubungan dengan perusahaan, jika tingkat kinerja
tidak tercapai.
Struktur organisasi, meskipun tidak ada struktur organisasi yang paling cocok agar dapat
berhasil dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan semua pelanggan, struktur yang terpilih
tersebut seharusnya memudahkan komunikasi dan kerjasama antara fungsi-fungsi yang
terlibat dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan pelanggan.
Sistem fleksibilitas untuk menanggapi secara efektif kejadian yang tidak terencana,
seperti bencana alam, kekurangan bahan mentah atau energi, pemogokan, dsb.
Manajemen pelayanan, seperti pelatihan dan seminar yang dirancang untuk membantu
untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan.

Elemen Transaksi (Transaction Elements)
Elemen-elemen spesifik dari transaksi Customer Service ini adalah :
Stockout level, merupakan pengukuran ketersediaan produk. 
- Stockout seharusnya dicatat berdasarkan produk dan berdasarkan pelanggan untuk
  menentukan dimana letak permasalahannya. Bila stockout terjadi, perusahaan dapat
  mengatur substitusi produk yang cocok, atau dengan mempercepat pengiriman produk.
Informasi pemesanan, merupakan kemampuan menyediakan informasi yang akurat dan
  cepat pada pelanggan tentang status persediaan, status pemesanan, tanggal
  pengiriman, serta status back-order
Elemen siklus pemesanan, merupakan total waktu yang dibutuhkan mulai dari
  pemesanan pelanggan sampai pengiriman kepada pelanggan. Komponen dari siklus
  pemesanan meliputi komunikasi pesanan, masukan pesanan, proses pemesanan,
  pengambilan pesanan, pengemasan, serta pengiriman
- Mempercepat pengiriman  untuk mengurangi waktu siklus pemesanan normal.
- Pemindahan pengangkutan, merupakan pengangkutan produk diantara lokasi-lokasi
  untuk menghindai stockout.
- Ketepatan sistem, merupakan ketepatan kualitas yang dipesan, produk yang dipesan,
  dan sistem pembayaran, yang penting hal tersebut baik bagi pelanggan maupun
  pengusaha. 
- Order convenience, merupakan tingkat kesulitan yang dialami pelanggan ketika
  melakukan pemesanan. Masalah yang dihadapi bisa berupa format order yang
  membingungkan atau terminologi nonstandar yang dapat menjadikan hubungan yang
  buruk dengan pelanggan. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan wawancara dengan
  pelanggan. 
- Produk substitusi, hal ini terjadi ketika produk yang dipesan pelanggan diganti dengan
  barang yang sama tetapi dalam ukuran yang berbeda atau produk lain yang terlihat lebih
  baik. Program ini akan berhasil bila terjadi komunikasi yang baik antara pengusaha dan
  pelanggan. 

Elemen Post-Transaksi (Posttransaction Elements) :

Elemen-elemen spesifik dari Post-Transaksi (Posttransaction Elements) :
Instalasi, jaminan, perbaikan, perubahan, dan suku cadang
- Produk tiruan, perusahaan harus dapat menarik kembali produk yang dapat berbahaya
  dari pasaran sesegera ungkin bila teridentifikasi suatu masalah
- Cara menangani klaim, keluhan, dan retur.
- Pergantian produk sementara untuk menunggu barang pesanan ataupun penantian
  perbaikan produk yang dibeli sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More