Jumat, 07 Oktober 2011

Resume Teknik Dokumentasi Aplikasi pertemuan 3


Kualitas dalam teknis publikasi
  • Kualitas dalam teknik publikasi adalah relatif
  • Kualitas dalam teknik publikasi tergantung pada persepsi seorang pengguna (pembaca)
  • Kesesuaian dengan persyaratan (Crosby, 1979)
Cara menulis buku yang baik 
  1. Harus mengerti siapa pembacanya
  2. Membuat definisi garis besarnya
  3. Membuat detail dari garis besar yang dijabarkan
  4. Memilih format penulisan yang baik
  5. Ditulis manual
  6. Dicoba terlebih dahulu untuk mengetahui isi dari buku tersebut
4 macam buku manual yang berguna bagi pengguna aplikasi / software 
  1. Pengantar panduan : berguna sebagai awalan dalam memulai sebuah aplikasi, seperti panduan penggunaan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut agar mendapatkan keuntungan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Contoh pengantar panduan : link (http://akademik.univpancasila.ac.id/images/panduanbagimahasiswa.pdf)
  2. Panduan pelatihan : berguna untuk para pengguna aplikasi untuk membantu dalam menerapkan aplikasi, apakah yang telah dilakukan telah benar atau salah sehingga dalam menerapkan aplikasinya dapat berjalan lancar. Contoh panduan pelatihan : (http://www.scribd.com/doc/36870465/HACCP-Training-Manual-Indonesian)
  3. Panduan pengguna : berguana sebagaia panduan bagi para pengguna aplikasi pada tahap awal dalam memulai aplikasi baru agar memudahkan pengguna dapat menggunakan aplikasi yang diterapkan di perusahaan. Contoh panduan pengguna : (http://ai3.itb.ac.id/~basuki/inherent/PDPT/dokumentasi-2/User_Manual_DIKTI_0.3_update.pdf)
  4. Panduan referensi : berguna untuk pengguna aplikasi dalam informasi-informasi yang ada sebagai acuan  dalam mengerjakan aplikasi yang ingin diterapkan. Contoh panduan referensi : (http://pusatpanduan.com/reference-manual)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More